Pak Aris

Pak Aris yang saya kenal – pertama kali saya ngekos di daerah Grogol, Jakarta Barat – seorang pemilik warung dipengkolan gang disekitar kos saya tempati. Tahun 2000 awal saya mulai kos di Grogol, tepatnya di jalan Muwardi, belakang terminal Grogol atau seberang kampus Trisakti. Dan disitulah perkenalan saya dengan Pak Aris, tentunya karena saya sebagai anak kos yang baru menetap di Jakarta, dengan status mahasiswa dan juga menyambi kerja yang uang pas-pasan, warung Pak Aris sangat membantu dalam menganjel perut. Bisa beli indomie 1 bungkus saja tanpa malu dibanding ke supermarket atau indomaret saat itu. Itupun kita bisa pake uang recehan koin. Atau membeli 1 gorengan dan 1 sachet kopi susu. Jadi bagi saya dan anak kos lainnya warung seperti kepunyaan Pak Aris sangatlah menolong.

Pak Aris sesosok orang yang sangat ramah, orangnya tidak macam-macam, suka mengajak ngobrol dan selalu menyapa orang-orang yang lewat depan warungnya.

Warung Pak Aris, tepatnya kios gerobak, juga tempat dia tidur dimalam hari. Dan karena sudah cukup lama berjualan di sekitar komplek situ, ada warga yang baik hati – bernama Pak Eka – untuk membuat kan canopy diatas warung Pak Aris. Sehingga makin banyak orang yang duduk-duduk sekedar ngobrol sambil mengopi dan membeli gorengan di warung Pak Aris. Dan sampai Pak Aris juga sempet diangkat penjaga malam untuk sekitar jalan Muwardi tersebut, ada warga juga memberi TV untuk hiburan.

Sekitar tahun 2007 saya pindah kos, walau tetap didaerah Muwardi, Grogol, tapi beda jalan dengan warung Pak Aris. Dan sejak pindah kos tersebut saya tidak pernah lagi melewati dan bertegur sapa dengan Pak Aris, sampai pagi ini (26 September 2011), saat saya mengendarai motor menuju kantor, sangat terkejut melihat Pak Aris menarik-narik gerobak pemulung mengumpulkan plastik-plastik disekitar daerah Muwardi.

Apa yang terjadi dengan Pak Aris? Apa warungnya sudah tidak ada lagi?

…………

Bertahun-tahun kita sibuk bekerja mengumpulkan duit, bersibuk-ria dengan ambisi dan keinginan ini dan  keinginan itu yang mau dipenuhi, sampai kita lupa banyak orang sekitar kita – yang tidak seberuntung kita – yang hidup mereka bertahun-tahun begitu-gitu saja, bahkan ekonominya makin menderita, seperti Pak Aris…

Funky but Holy

Judul diatas gw dapet di grup BBM yang gw ikutin, dan salah satu temen gw si Lena menulis begini:

“Tengah malam bicara tentang menjelang pagi, hidup kita juga seperti itu masih mau tetap pijak dimasa lalu atau milih melangkah ke depan? Apapun masa lalu kita, bad record, tapi musim baru akan segera datang ke hidup kita, org yang selalu menoleh kebelakang tidak bisa pijak ke tanah perjanjian, biar hari baru ini ada NEW, new heart, new spirit, new hope, Tuhan tidak tertarik pada hasil tapi lebih ke prosesnya, aku berdoa buat teman-teman KD (KELUARGA DAMAI – grup yg gw ikutin) pertetapkan hati dan bangkit dari semua kelemahan, tatkala engkau bangkit maka kuasa Tuhan akan mengurapi engkau, kita Funky but Holy ya 🙂 Yesus luv u all.”

Dan ditambahkan:
“Funky but holy sebab Tuhan bukan berurusan dgn kekudusan bgn luar, tp dgn kekudusan bgn dalam (hati dan pikiran) krn apa yg keluar itu selalu berasal dari apa yg didalam.” 🙂

Sedikit gw mo nambahin, ato mo curhat sekalian hahahaha… krn manusia, kita dan gw juga sangat badani dan meliat org sekeliling kita dari tampilan luar dan apa lagi ditambah dengan tutur kata yg halus dan mendayu-dayu, secara reflek kita menyanjung… tp dalam proses idup dan suatu pekerjaan / hal nol besar.. ga semua kok… ada yg org emg idupnya luar dalam sangat diberkati dan dikarunia kebijaksanaan. Kembali dari semua itu tidak ada manusia yg perfect dan kita sesama saling membutuhkan satu sama lain, apa lagi dalam himpunan suatu organisasi, perkumpulan suatu mudika, lingkungan gereja, komsel, kelompok pertemenan dll… hanya kerendahan hatilah yg bisa membawa kita menyadari bahwa semua dari kita masing2 saling membutuhkan dan bukan suatu kebetulan bahwa kita dipertemukan oleh Tuhan, everything have a reason…

Happy Sunday, guys!

Pintu Hati

Hai… pernahkah kalian bermimpi dengan Jesus? Semalam gw bermimpi ini “Tuhan tau semua keluh kesahmu, segala permasalahanmu, tapi Tuhan memberi kita kebebasan bertindak dan berpikir, Dia selalu menunggu kita ‘membuka pintu hati’ kita agar dia bisa ‘masuk’.” Dan semalam pesan itu sangat membekas sampai gw bangun dan selesai mandi. Dan pesan satu lagi ialah; Jangan mengabaikan suara hatimu, suara hati bisa dari Roh Kudus yg berbicara buat kamu, dan bila ada saatnya kamu merasa tidak tenang dan ingin berdoa, berdoalah, jangan tunda-tunda. Datang kepadaNya dan berbicaralah. Bila saat ini kamu merasa cemas akan pekerjaan kalian, deadline klien, target yang belum tercapai, merasa usaha mandek, kehilangan pekerjaan, kehilangan kekasih, masih adanya luka batin terhadap seseorang, dan apapun juga yang membuat kamu tidak ‘nyaman’ dengan idupmu, segeralah curhat kepada Bapa, Dia yang sumber kelegaan, permasalahan akan selalu datang silih berganti, tapi kelegaan dari kecemasanmu itu hanyalah Tuhan.

Pertama kali gw ‘berjumpa’ Jesus melalu mimpi sangat menyejukan, melebihi pertemuan antar dua kekasih yang bertemu kembali setelah terpisah 10 tahun! Rasa senang, bahagia, terharu bercampur menjadi satu. Bahkan itu hanya dalam mimpi, bayangkan bila nanti kita disambut sendiri olehNya kelak. Dalam mimpi gw itu, Jesus memimpin Misa disuatu gereja, dan Dia sendiri melakukan perjamuan kudus. Dan sampai sekarang mimpi itu selalu teringat.

Ada sewaktu juga gw  protes kepada Tuhan akan idup gw. Gw kecewa, marah dan merasa depresi akan tekanan idup, usaha dan cinta. Sebelum tidur biasanya gw berdoa dengan tenang, tapi malam itu gw tidur tanpa doa. Dan gw diberi mimpi begini, gw ditengah kegelapan dengan perasaan penuh kecewa, marah, putus asa, tiba-tiba ada suara yang berbicara kepadaku, hanya suara tanpa ada siapa2 hanya gelap. Suara itu mengatakan: “Jangan khawatir akan masa depanmu. “Titik. Cuman itu. Tapi sungguh memberiku kelegaan dan juga merasa sedih, karena pada saat itu gw bener2 protes pada Tuhan dengan cara yang tidak adil, tidak mau berdoa, tidak mau membaca firman lagi, tak kegereja ampir 2 bulan sepertinya ;p dan bukan sekali mimpi itu datang, dua kali gw bermimpi dengan hal yang sama, suaranya sungguh indah dan bijaksana, memberi kelegaan sekaligus mengobatin rasa rindu.

Perjalanan iman gw naek turun guys… hehehehe… ada saatnya gw sungguh kyusuk dan ada saatnya menjadi anak pemberontak 😀

Dan ada kejadian lagi saatnya gw menjadi anak pemberontak. Gw diberi mimpi lagi. Dalam mimpi itu gw seperti lost, keilangan pegangan, tak tau arah jalan yang ingin gw tuju. Gw muter2 kota, dan dalam mimpi itu kota yang gw jelajahi seperti kota di Israel ato Jerusalem, ada gurunnya, rumah2 penduduk yang agak rapat, tanpa cat apapun hanya berwarna krem kecoklatan, penuh debu pasir bertebangan. Dan sekali lagi dalam mimpiku itu muncul suara yang menuntunku kesuatu tempat. Dan saat gw nyampe pada tempat itu, aku berjumpa dengan seorang lelaki yang tua, dia menitip pesan kepadaku, kira-kira seperti ini pesannya; “Anakku, kamu banyak mengalami kepedihan dan dalam idupmu, sembuhkan luka batinmu, berikan kelepasan dan berdoa. “

Dan gw terbangun, gw kaget, terharu dan menangis. Sapa gw ya Tuhan, Engkau datang, memberiku semangat, Engkau tak sedikitpun membiarkan aku sendiri, Engkau datang menghampiriku, bersabar menunggu diriku ‘membuka hati’ dan membiarkan tanganMu bekerja dalam diriku, tp terkadang aku menolakMu, membiarkanMu diluar, walo begitu Engkau tetap setia sampai aku membuka pintu dan kembali kepelukanmu. Maafin aku yang Bapa telah membuatMu sedih dan mengecewakanMu…

Penerimaan ato penolakan itu sama aja

Kita ga bisa menyenangkan semua orang….kita tidak bisa selalu diiyakan oleh org yg kita temuin. Sadarin bahwa idup itu emang tidak adil, dgn begitu kita akan merasakan kebebasan dan penerimaan diri sendiri akan idup ini. Bila kita selalu bersungut-sungut mengatakan mengapa idupku selalu sial, sedangkan org lain dgn mudahnya mendapatkan apapun… idup tidak adil…!!! Dengan sendirinya kita akan berkutat dengan rasa frustrasi, kedengkian, iri hati dan kemarahan… Anggap saja idup tak adil… dan kita akan merasa kelegaan… dan bisa menerima keadaan yg terjadi lebih baik.. lebih santai dari sebelumnya yg tak kita pikirkan…

Terkadang kita lebih gampang menerima kata ‘iya’ daripada ‘tidak’… sangat menyenangkan bereaksi dgn kata ‘iya’ daripada seseorang mengatakan ‘tidak’ kepada kita… tak ada yg siap dgn ‘tidak’… Karena sangat gampang kita kabur dari permasalahan daripada menerima dan mencoba berdamai dgn keadaan. Dan begitu juga dgn penolakan akan cinta… rasa penolakan membakar rasa benci kita, meluapkan keputusasaan dan membuat kita dgn mudahnya jatuh kedalam perasaan sakit hati… dengan sekejab kita lupa bahwa kita mencintai dan menyayanginya… harus disadarin ini ‘hanyalah’ penolakan biasa… penerimaan dan penolakan itu sama aja… tak ada bedanya…

cya

Outstanding

Sapa yg ga pernah ngalamin patah hati ato broken hat *patah topi*??? Rasanya gimana seh?? Kayak loe ga mo idup lagi, kyk loe tuh org paling sial dan tidak beruntung sedunia…. Sepertinya loe keilangan penompang dan tiba2 kolaps…walo loe punya pekerjaan yg plg cool sedunia tp saat loe ngalamin patah hati semua itu ga ada artinya… bahkan loe berpikir utk meninggalkan semuanya dan mencoba menjadi ‘gelandangan’… saat loe patah hati loe bertingkah seperti zombie bukan blood yg loe butuhin tapi cintanya… loe berharap dia memanggil dan kembali kpd loe… begitukan?? Berapa kali kalian mengalamin patah hati…?? bahkan sebelum ‘sembuh’ kembali mengalami patah dan patah lagi… seperti jatuh kejurang yang gelap dan sempit dan kalian hanya ingin dialah yg menarik dari jurang tsb walo byk ‘team rescue’ yg berusaha dan menawarin bantuan tuk keluar dari jurang tsb…. Dan parahnya semakin kita meratap dan meraung2 menangis kita makin jatuh terperosok lebih dalam lagi… sampai kita ngerasa tak kan ada harapan tuk kembali ke atas… keilangan kepercayaan diri… takut ketemu org lagi…

Okay… disini gw ga akan menceramahin kalian soal bagaimana memulihkan diri dari patah hati… krn gw juga kesulitan untuk bangkit kali ini… apa benar saat patah hati kita bisa membuat puisi2 ato lagu yg indah?? Klo gw malah berpuluh2 keping DVD yg gw tonton… berjam2 dgn betahnya gw dikamar… tak ada kegiatan selain tidur dan bengong…dan semakin hari semakin gw keilangan temen2 gw krn sikap yg pesimis, sarkatis, sensitive, bad mood all day, ketus….

Basically, gw tau smua saran dan nasehat ato firman apa yg berbicara mengenai patah hati, keilangan semangat, keinginan yg tak dipenuhi, doa yg belum terjawab, kejadian buruk dll…. Yeahh gw tau… dan gw jg tau bahwa Tuhan tak pernah menjanjikan selalu yg indah2 bagi kita tapi ……. Dia selalu disamping kita ato kalimat bila kita mau jd org besar dan maju jgnlah kegagalan menjadi penghalang tp menjadi tantangan dan pelajaran etc….. ato pencobaan2 itu tidaklah lebih besar dari kemampuanmu…. Yeah I know that… tp ijinkan gw tuk step back sebentar dan setidaknya protes pd idup… toh protes didunia demokrasi tdk dilarang kan…. Setidaknya gw tau gw masih ada hati msh ada perasaan dan ngerasa sakit bila disakitin merasa sedih bila patah hati… dan pedih saat keilangan seseorg yg menurut kita ‘the one’… krn kita bukan robot… kita bukan program yg bila dimasukan kalimat: “banyaklah rancangan dihati manusia tetapi keputusan Tuhanlah yg terlaksana….. ato… bersukacitalah dlm pengharapan, sabarlah dlm kesesakan dan bertekunlah dlm doa…” then ENTER… dalam sekejap kita ceria kembali… semangat menggebu-gebu… dan dunia seperti baru lagi… No.. kita bukan mesin ATM pencet dan keluar duit spt kt mau… kita manusia… proses… learning step by step walo pun kita mengalamin patah hati berulang2… bukan berarti spt kita belajar piona ato mengisi TTS yg makin jago menjawab pertanyaan yg sama trs menerus… kita manusia mempunyai perasaan… walo taun lalu kt pernah ngalamin patah hati dan bila taun ini kita mengalamin kembali… dan sakit itu tetap ada… seperti kalian menonton film komedi berulang-ulang dan tiap kali adegan lucu terjadi kita tetap ketawa… sama saat kita mengalamin patah hati… bukan berarti kita tidak bisa bangkit…. Tp ijinkan hati ini mengalami perasaan keilangan seseorg yg spesial dan tersimpan disana sbg memori…

Btw… sori postingannya agak agak gimana getu… hehehehe….
Salam outstanding, guys

Mimpi: bunga ato buah?

Morning…. Semalam gw bermimpi cukup aneh… ceritanya gini, dipinggir jalan gw dan beberapa teman; agnes, bj dan nelly ngadain lomba menghias bunga mayat… its kinda weird rite??? Hahhahaha…. Dan yg paling gw inget gw bisa mencium dgn jelas tuh wangi bunganya… dan dalam mimpi gw itu semua org pada menjauhin kita, mrk pada takut mendekat hehehe… btw tuh lomba menghiasnya juga beneran ada kuburannya, lengkap dgn batu nisannya. ;p

Guys, kalian uda nonton film paranormal activity? Ampir semua kejadian di film itu pernah gw alamin, dari ketindihan, selimut diangkat, paha dijawil, kening dielus, pintu yg bergerak, sampai meliat penampakan… hmmmm…okay next postingan tar kita bahas lebih detail 😀

Btw selain mimpi bunga mayat, gw jg msh mimpiin tuh ce… kt sebut ce solo aja yah.. krn dia emg berasal dari solo… perasaaan tiap mo tidur gw ga pernah mikirin dia tp kok bisa terbawa mimpi ya??? Hmmm… mungkin dia yg mikirin gw neh hahahha *pedenya*

Napa mmpi disebut bunga mimpi?? Iya klo mimpinya indah menjadi bunga wangi, klo mimpi serem jadi bunga bangkai seperti semalam gw mimpi dong???! Napa ga disebut buah mimpi?? Ayoo ada yg bisa jawab???!! Eniwan?? Eniho??! 😉

Sebelum signout… gw mo ngasih tau film yg patut ditonton (cieleee…), The Blind Side, yang menceritakan keluarga kaya di amrik megadopsi anak kulit itam, yang menjadi pemain football amerika, ini kisah nyata yaah menurut filmnya… kudu nonton… bagus kok…

Cya.

Masalah kecil jadi masalah besar (gw banget!) :D

Okay…. Sebelumnya gw menulis soal mendelete akun fesbuk… dan ternyata……… akun fesbuknya tidak ilang… hahahhaha… walo kita deactive akun tp masih bisa dibuka dgn memasukan user dan password yg lama… hmmm… memalukan… uda berkoar2 ga maen fesbuk lg eh ternyata msh fesbukan juga 😀

Ya uda deh gw tetap fesbukan deh ;p toh sapa seh yang baca blog gw ini hahahhaha… ayooo ada yg prutes???

Gw baru beli buku “Don’t sweat the small stuff” karangan Richard Carlson. Jangan membuat masalah kecil jadi masalah besar. Buku yang bagus, sungguh menarik perhatian. Kalian harus baca guys! 😉

Buku baru gw!

Actually ada 3 buku gw beli, selain buku Richard Carlson, “Chicken soup for the soul: Life lessons” dan “Jago gitar tanpa guru” yeeaap… jago gitar tanpa guru… kalian tdk salah dengar hehehhehe….

Back to judul diatas: Banyak hal dalam keidupan kita dipenuhi dengan hal2 yg sepele yg kita ributkan, seperti kemaren saya bikin note kpd mba nyuci dengan nada marah krn byk memakai tanda !!!!!!!!!!!!!@#@%@&!(!)! ;p

Ceritanya hanya sepele baju yg baru gw beli ketuker dgn teman gw, dan dr awal gw uda tau tuh baju PASTI ketuker, tapi napa gw masih ngotot ingin menulis note buat marah2in mba nyuci??!!! o_O

Terlalu banyak ngabisin energy buat hal2 yg tidak penting, sehingga kita keilangan rasa damai…

Seep omong2 soal damai… neh pagi gw terbangun dgn perasaan ga damai, terbangun oleh mimpi yg aneh.. mungkin menarik juga tiap kali gw mimpi gw tulis diblog yaa… hmmm ada yg baca gak ya…*thinking* *wondering* *sleeping* *groking*

Cya.